Jenis-Jenis Lisensi

Salam Blogger ^_^
Baca buku diperpustakaan ketika lagi moodnya baik memang super asyik, waktu pun tak terasa begitu cepat berlalu. Sedikit berbagi pengetahuan dari apa yang telah dibaca.

Lisensi adalah pemberian hak kepada pihak lain untuk menggunakan, mengedarkan, atau menjual kepada pihak lain. Berikut adalah beberapa jenis lisensi:

  • Lisensi Komersial, adalah lisensi untuk tujuan bisnis. Biasanya banyak dijumpai di dunia seperti: Microsoft, Lotus, Oracle.
  • Lisensi Non Komersial, adalah lisensi yang dapat diperoleh secara gratis untuk dunia pendidikan, sosial, dan publik. Software jenis ini antara lain LINUX.
  • Lisensi Trial Software, adalah lisensi yang memberikan kebebasan kepada pemilik untuk menggandakan, biasanya software ini berlaku untuk jangka waktu terbatas.
  • Lisensi Shareware, adalah lisensi yang memberikan hak pada pengguna untuk menggandakan tanpa harus meminta izin pada perusahaan, seperti: ACDsee, Paint Shop, dan Winzip
  • Lisensi Freeware dan Lisensi Royalti, lisensi ini diberikan pada program yang menempel pada program induk dan bersifat untuk mendukung operasi program.
  • Lisensi Open Source, lisensi ini dapat digunakan secara bebas, digandakan, diubah sesuai dengan keinginan pengguna tanpa meminta izin kepada penciptanya. Contohnya: freeBSD, LINUX, dan Sendmail.

Setelah kita mengetahui beberapa jenis-jenis lisensi diatas, maka apakah akan mempengaruhi pola kerja kita yang mungkin sering berhubungan dengan berbagai lisensi ?  ^_^

Sumber: Sadiman, 2007. “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas X”, Banyuasin: Penerbit Erlangga

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s