Belajar Pemrograman Berorientasi Objek

Salam Blogger ^_^

Pemrograman Berorientasi Objek di PHP

OOP on PHP

Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming – OOP) merupakan salah satu tekni pemrograman yang mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan unit (unit disini disebut sebagai objek). Pemrograman tradisional memperlakukan “data” sebagai komponen kedua, sedangkan kedudukan “fungsi” menjadi komponen utama. Namun berbeda sekali dengan OOP, kedudukan komponen “data dan fungsi” dirancang secara bersamaan. Dari perbedaan mendasar inilah OOP dirasakan sulit oleh mereka yang sudah terbiasa dengan pemrograman tradisional. Sederhananya konsep OOP digambarkan sebagai berikut:

Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

Konsep OOP

 Berikut adalah karkteristik OOP:

  • Encapsulation (Pengkapsulan)
    Data dan fungsi dikemas dalam wadah dikenal dengan objek (encapsulation). Dalam hal ini data dan fungsi memiliki kedudukan yang sama.
  • Inheritance (Pewarisan/turunan)
    Inheritance memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain. Analoginya misal: Sepeda adalah kelas mempunyai sifat antara lain:

    • Beroda dua
    • Dikayuh kaki

    Apabila “BMX” adalah sepeda, maka BMX juga memiliki sifat-sifat umum dari sepeda, tetapi bisa saja BMX memiliki sifat  yang lain misalnya free style.

  • Polimorphism (Polimorfisme)
    Polimorfisme merupakan suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda. Contoh: Misal kita memiliki sebuah fungsi “gambar”. Jika kita hanya menyertakan posisi X dan Y saja maka hasilnya hanya titik. Kalau yang disertakan dua pasang X dan Y maka hasilnya garis. Bisa jadi jika yang disertakan X, Y, dan jari-jari maka hasilnya lingkaran.

Untuk implementasinya dalam PHP, akan saya rampungkan secepatnya… trimakasih.

Referensi:
Kadir, Abdul. 1995. “PEMROGRAMAN C++”, Yogyakarta: Penerbit Andi

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s