Pengenalan IP Address, Host, Subnet, dan Subnet Mask

Salam blogger !!, Postingan ini saya dapatkan dari tugas matakuliah Pengembangan Bahan Ajar (Buku pembelajaran berprograma). Mudah-mudahan bermanfaat🙂

Sebelum mempelajari materi Subnetting dan VLSM (Variable Length Subnet Mask), kiranya anda perlu memahami istilah-istilah berikut:

  • IP Address
    IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer (host) dalam jaringan. IP Address 32 bit dipakai untuk IP versi 4, sedangkan IP Address 128 bit untuk IP versi 6.
  • Host dan Subnet
    Host bisa diartikan sebagai komputer atau “tempat”. Subnet bisa diartikan sebagai jaringan atau gedung. Host dan subnet sangat berkaitan satu sama lainnya dalam suatu jaringan. Misalnya berapa banyak host kah yang dapat dibentuk dalam satu subnet atau berapa banyak komputer kah yang dapat dipakai dalam satu gedung.
  • Subnet Mask
    Ketika paket data tiba disebuah router (hardware untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan yang lainnya) atau simpul jaringan apapun, perangkat tersebut harus menentukan kelas alamat dari alamat IP yang dituju oleh sang paket. Nah, disinilah Subnet Mask berperan dalam membantu router membedakan antara bagian jaringan dan bagian host dari sebuah alamat IP.
    Disini akan muncul istilah IP Broadcast. IP Broadcast itu bagian dari IP Address yang digunakan ketika pengirim tidak menemukan alamat dari tujuan pengiriman data dalam suatu jaringan, maka IP Broadcast akan mengirimkan paket data tersebut ke semua perangkat yang terdapat dalam satu jaringan dengan pengirimnya. Maksudnya begini, misalnya komputer A akan mengirimkan data ke komputer B yang berbeda jaringan, tetapi karena alamat komputer B tidak ada maka IP Broadcast akan mengirimkan paket data ke semua komputer yang berada dalam satu jaringan dengan komputer A.

Baca artikel lanjutanya:
Klasifikasi IP Address
Belajar Subnetting
Belajar VLSM

 

Sumber informasi:

  • tittle, Ed. 2004. “SCHAUM’S OUTLINES OF COMPUTER NETWORKING“. Jakarta: Erlangga.

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s