Asal usul Steganografi

Belajar Steganografi memang perlu dan hal yang perlu diketahui serta dipahami bagi anda yang ingin menjadi ahli security system..hehe

sederhananya Steganografi dapat diartikan suatu teknik/metode penyembunyian pesan kedalam suatu media sehingga orang-orang yang dianggap bukan penerima pesan tidak dapat mengetahui atau membaca pesan tersebut. Media yang digunakan pun bermacam-macam bisa berupa manusia, kertas, gambar, music, video, bahkan ada yang menganggap bahwa semakin berkembangnya teknologi dan informasi maka segala sesuatu dimuka bumi ini dapat dijadikan media steganografi… amazing… kan…🙂 !!

Steganografi berasal dari bahasa Yunani. Steganos artinya “tersembunyi atau terselubung” dan grapein artinya “menulis”. Bangsa Yunani kuno diklaim sebagai penemu steganografi pertama kali, yaitu pada tahun 440 SM, menerapkan teknik sederhana untuk menyembunyikan pesan dalam bentuk tato pada kulit kepala seorang budak yang telah digunduli, kemudian menuggu hingga tumbuh kembali rambut budak tersebut dan tibalah saatnya budak tersebut ditugaskan sebagai utusan ke daerah tertentu yang mana pesan tersebut tidak boleh diketahui oleh orang lain selain penerimanya. Setelah sampai pada penerimanya maka rambut sang budak  dicukur kembali (digunduli) sehingga pesan pada kulit kepalanya bisa terbaca.

Selain bangsa yunani ada lagi sejarah penerapan steganografi yaitu bangsa Romawi. Bangsa romawi juga menyembunyikan pesan melalui alat tulis/tinta tak tampak (invisible ink) yang dibuat dari sari buah, susu, dan cuka. Jika tinta ini digunakan untuk menuliskan pesan maka orang tidak akan dapat membacanya kecuali dengan cara-cara yang telah disepakati oleh pengirim  dan penerima. Pada saat itu cara yang digunakan dengan membakar kertas pada tulisannya.

Salah satu contoh kasus yaitu dibalik pesan dari novel Da Vinci Code yang ditulis oleh Dan Brown. Ketika dicermati terdapat tulisan yang ditebalkan yang memang sengaja di sisipkan. Pada tulisan tersebut adalah “Is there no help for…….”

davinci code

Terdapat beberapa metode steganografi yaitu:

  1. Least Significant Bit Insertion (LSB)
  2. Algorithms and Transformation
  3. Redundant Pattern Encoding
  4. Spread Spectrum method

Nah, ini disini adalah beberapa contoh sederhana steganografi.

Sumber informasi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Steganografi
http://asyhadione.net76.net/index.php
http://hadiwibowo.wordpress.com/2006/09/22/membuat-steganografi-sederhana/

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s