Keamanan dilihat dari sudut pandang seorang Maling dan Hacker

Salam Bloger…
Bisa dianggap analogi deh… saya dapet cerita ini langsung dari buku yang berjudul:”4 HARI MENJADI HACKER” karangan Aat Shadewa.. begini ceritanya…:

Sekuriti atau security yang jelas adalah sebuah kata yang penting bila dilihat dari sudut pandang seorang hacker. Bisa diandaikan kita mempunyai sebuah rumah, rumah tersebut jika tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang modern atau bahkan sistem keamanan yang sederhana, maka rumah kita bisa diporak porandakan oleh orang lain. Atau bisa dimasuki atau bahkan diambil alih orang lain. Diambil alih maksudnya, misalnya seorang menemukan laci yang berisi perhiasan atau surat-surat berharga. Jika seseorang itu tidak bertanggungjawab, bisa saja surat tanah dari surat berharga kita dicuri, kemudian si pencuri memodifikasi surat tersebut sedemikian rupa, sehingga seakan-akan surat tanah tadi adalah atas nama pencuri tersebut.

Jika diimplementasikan ke keamanan atau network security, rumah tersebut adalah server kita, si pencuri adalah cracker atau pihak yang tidak bertanggungjawab dan surat berharga itu sendiri adalah file user dan password untuk mengakses server yang kita miliki. Apabila rumah tadi memiliki sistem keamanan yang memadai seperti pintu ada kuncinya, atau ada alarm mencegah orang langsung masuk ke sana, maka kejadian kecurian surat berharga bisa dicegah. Demikian pula bila sebuah server mempunyai sebuah sistem keamanan yang canggih dan teruji, otomatis kejadian kecurian password, defacing (penggantian halaman web) oleh cracker dan internet abusing (penyalah gunaan internet) dapat dicegah.

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s