Penelitian Deskriptif

Sekedar ingin sharing terkait penelitian, dan ini hanya sedikit tulisan yang saya dapatkan setelah membaca buku mengenai Metode Penelitian Pendidikan (Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata)

Penelitian Deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia.

Jenis-jenis penelitian Deskriptif, diantaranya:

  1. Studi Perkembangan (developmental studies)
    Dalam penelitian ini yang dikaji adalah perubhan-perubahan atau kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh seseorang, organisasi, lembaga, ataupun kelompok masyarakat tertentu. Dalam studi perkembangan terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

    • Pengembangan jangka panjang (Longitudinal Approach)
      Meneliti perkembangan sesuatu aspek dalam seluruh periode waktu atau memerlukan waktu yang cukup panjang. Contoh: perkembangan kemampuan berbicara dari masa bayi sampai dengan masa remaja.
    • Pengembangan jangka pendek (Cross Sectional Approach)
      Meneliti perkembangan sesuatu aspek dalam satu periode waktu atau bersifat meneliti sesuatu dalam tahapan-tahapan tertentu. Contoh: Perkembangan kemamapuan berbicara hanya pada pada tahap bayi, anak kecil, remaja awal, dan remaja akhir
  2. Studi Kasus
    Sesuatu dijadikan kasus biasanya karena ada masalah, kesulitan, hambatan, penyimpangan, tetapi juga sesuatu dijadikan kasus meskipun tidak ada masalah, malahan dijadikan kasus karena keunggulan atau keberhasilannya. Studi kasus banyak dilakukan dalam pelaksanaan progam bimbingan dan konseling. Konselor pendidikan menghimpun data gejala-gejala masalah atau kesulitan yang dihadapi klien berserta hal-hal yang melatarbelakanginya dalam rangka diagnosis, untuk kemudianmerumuskan perkiraan masalah dan bantuan yang diberikan serta treatmen bantuan pemecahan atau penyembuhan.
  3. Studi Kemasyarakatan
    Merupakan kajian intensif yang dilakukan terhadap suatu kelompok masyarakat yang tinggal bersama di suatu daerah yang memiliki ikatan dan karakteristik tertentu. Biasanya kelompok-kelompok masyarakat yan dipilih karena mereka memiliki pola-pola kehidupan, kebiasaan, ataupun cara kerja yang khas. Contoh: Kelompok masyarakat nelayan yang hidup diatas perahu, masyarakat buruh perkebunan tembakau di Deli Serdang, masyarakat Baduy di Banten Selatan, masyarakat Kampung Naga di Tasikmalaya, dll
  4. Studi Perbandingan
    Merupakan penelitian deskriptif yang membandingkan dua atau lebih dari dua situasi, kejadian, kegiatan, progam, dll yangsejenis atau hampir sama. Dalam studi ini yang diperbandingkan adalah semua unsur atau komponennya. Pembandingan kegiatan atau program umpamnya meliputi dasar tujuan,  lingkup,  langkah-langkah kegiatan, orgranisasi, pelaksana, sarana dan alat, biaya, pengelolaan sampai dengan hasil.
  5. Studi Hubungan
    Merupakan bentuk penelitian deskriptif yang meneliti hubungan antara dua hal, dua variabel atau lebih. Hubungan dalam studi hubungan berbeda dengan dalam studi ekeperimental. Dalam studi eksperimental hubungan tersebut menunjukkan hubungan sebab akibat, tetapi dalam studi hubungan hanya menunjukkan hubungan kesejajaran. Tinggi dengan berat badan menunjukkan adanya hubungan kesejajaran antara tinggi badan dengan berat badan, makin tinggi badan juga makin berat badannya, makin pendek badan juga makin ringan bobotnya. Tidak berarti tinggi badan mempengaruhi berat badan ataupun sebaliknya.
  6. Studi Waktu dan Gerak
    bentuk penelitian ini ditujukan untuk meneliti atau menguji jumlah waktu dan banyaknya gerakan yang diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan atau proses. Tujuannya adalah menemukan waktu dan gerakan minimal. Dalam bidan pendidikan contohnya untuk mengukur waktu dan gerak dalam penyusunan jadwal pelajaran, latihan, belajar mandiri, penggunaan alat-alat praktik, dan alat bantu pembelajaran terutama yang rentan panas (LCD, Projector, Komputer, dll).
  7. Studi Kecenderungan
    Merupakan penelitian metode deskripsi yang diarahkan untuk melihat kecenderungan perkembangan. Dari data yg lalu dan saat ini dapat diperkirakan keadaan pada masa yg akan datang. Contoh dalam pendidikan dapat dilakukan untuk memperkirakan peningkatan jumlah anak usia sekolah, sarana prasarana, guru, siswa, peningkatan mutu sekolah, prestasi belajar siswa, kinerja guru,dll.
  8. Studi Tindak Lanjut
    Merupakan pengumpulan data dan analisis data terhadap para lulusan atau orang-orang yang telah menyelesaikan suatu program pendidikan, latihan, atau pembinaan. Studi ini ditujukan untuk mengetahui kegiatan dan perkembangan mereka setelah keluar dari institusi pendidikan atau pembinaan.
  9. Analisis Kegiatan
    Diarahakan untuk menganalisis kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan suatu tugas atau pekerjaan, dalam bidang industri, bisnis, pemerintahan , lemabaga sosial, dll. Dalam pendidikan analisis kegiatan dilakukan terhadap pelaksanaan tugas-tugas dan pekerjaan para pengawas, kepala sekolah, guru, konselor pendidikan, laboran, pustakawan, staf administrasi maupun paras siswa dan mahasiswa. Hasil dari analisis kegiatan biasanya dapat digunakan untuk berbagai tujuan:

    • Menyusun standar kegiatan atau standar kerja untuk suatu jabatan, tugas atau posisi.
    • Menyusun program pendidikan atau pelatihan untuk sesuatu bidan pekerjaan atau tugas tertentu.
    • Menyusun progam dan kegiatan bagi pembinaan personalia termasuk program pelatihan dalam jabatan (in service training)
    • Menghimpun data bagi penentuan besarnya gaji.
  10. Analisis Isi atau Dokumen
    Ditujukan untuk menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen resmi, yang terjamin validitas dan keabsahannya. Kegiatan analisis ditujukan untuk mengetahui makna, kedudukan dan hubungan antara berbagai konsep, kebijakan, program, kegiatan, peristiwa yang ada atau yang terjadi, untuk selanjutnya mengetahui manfaat, hasil atau dampak dari hal-hal tersebut.

http://www.edunimasi.com

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s