Pengantar Kewirausahaan

Tadi pagi kita kuliah “Kewirausahaan”, kesan pertama wah sangat berkesan dan sangat semangat…!! Ko bisa? Itulah kehebatan dosen senior yang bisa mengendalikan kegiatan belajar!!, Bgini kita dibuat menjadi 6 klompok!  yang terdiri dari kelompok Pro dan kelompok Kontra. Kasus pertama diberikan oleh dosen:

  1. Apakah semua orang bisa menjadi pengusaha?
    • Pro:
      Bisa, karena selama ada kemauan dan usaha semua pasti bisa!!. Selain itu, yang namanya pengusaha tidak akan lepas dari usaha bertahan hidup. Maksudnya begini, ketika kita berusaha untuk bertahan hidup misal menhasilkan sesuatu (sendiri atau beberapa orang) contohnya si A mempunyai Cabe, dan si B mempunyai garam. Jika kedua orang itu sendiri-sendiri untuk menjual produknya maka bisa dikatakan mereka berusaha untuk menjadi pengusaha. Akan lebih unik lagi jika mereka berdua berkolaborasi untuk menciptakan produk baru misalnya membuat sambel. Nah, mungkin dengan berkolaborasi seperti itu mereka bisa mendapatkan untung yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penjualan sendiri-sendiri. Jadi, pada dasarnya semua orang itu bisa menjadi pengusaha.🙂
    • Kontra:
      Jika kita melihat bukan dari usaha mempertahankan hidup, maka tidak semua orang bisa menjadi pengusaha, karena jika menjadi pengusaha siapakah yang menjadi pegawainya..!! (jawaban yang unik dan lucu saya rasa :-)) ).
      Tidak mudah untuk menjadi pengusaha, diperlukan karakteristik-karakteristik (setiap ahli mungkin akan berbeda dalam menyebutkan karakteristik pengusaha) yang perlu dimilki oleh calon pengusaha tersebut. Diantaranya:

      1. Minat dan Bakat
      2. Pengetahuan/ilmu/keahlian
      3. Modal
      4. Tanggung jawab, dll

      Nah, yang menjadi masalah adalah tidak semua orang memiliki karakteristik seperti diatas!!, jadi dapat disimpulkan bahwa tidak semua orang dapat menjadi seorang pengusaha.

      Itulah mungkin kawan kejadian tukar pendapat (ini bukan debat kusir) di awal perkuliahan kewirausahaan…

  2. Apakah dalam berwirausaha memerlukan modal?
    Jawaban yang tepat menurut saya adalah Ya, karena jika kita menginginkan sesuatu (cita-cita) kita memerlukan modal (sekecil apapun itu). Perlu dicatat modal itu bisa berupa materil dan non materil. Semangat, keinginan, dan niat, sya rsa itu juga merupakan modal non materil.
  3. Dari perkuliahan ini, dapat saya tarik benang merahnya bahwa setiap orang bisa menjadi seorang pengusaha sukses dengan syarat:
    • Ada niat dan kemauan
    • Berani mengambil resiko
    • Memili modal (materil atau non materil)
    • Pengalaman
    • Do’a
      Poin terakhir ini lah yang sangat berdampak besar, karena sejauh apapun kita berusaha tanpa disertai dengan do’a maka hasilnya pun sia-sia, kalaupun terwujud tapi tanpa do’a maka belum tentu membawa berkah… Bukan berarti kita juga hanya berdo’a saja, melainkan usaha yang disertai dengan do’a.. (Amin…)

One thought on “Pengantar Kewirausahaan

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s