Monitoring dan Evaluasi

Monev (Monitoring dan Evaluasi) mungkin tdk asing lagi bagi beberapa orang yang sering berorganisasi…:). Apakah monev itu? Terdiri dari 2 kata, yaitu:

  • Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program atau memantau perubahan, yang berfokus pada proses dan keluaran. Monitoring menyediakan data dasar untuk menjawab permasalahan, sedangkan (sumber: wikipedia)
  • Evaluasi adalah serangkaian kegiatan untuk mengukur sejauh mana tujuan suatu program/projek tercapai. Evaluasi memposisikan data-data (hasil monitoring) tersebut agar dapat digunakan dan diharapkan memberikan nilai tambah. Hasil monitoring diharapkan dapat memberikan rekomendasi solusi dari masalah yang dihadapi, misalnya apakah suatu program perlu dihilangkan, dirubah, atau ditambah.

Monitoring dan evaluasi tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya karena evaluasi tidak akan berjalan jika tidak ada data yang didapat dari hasil monitoring. Begitu juga dengan monitoring, hasil monitoring tidak akan berguna jika tidak ada tindak lanjutnya dalam hal ini monitoring.

Monitoring dan evaluasi harus dilakukan berkelanjutan, karena untuk menjaga kestabilan kehidupan dalam suatu organisasi.

Yang menjadi persoalan: “apakah Monev dapat diterapkan pada diri sendiri ?”, Siapakah yang akan memonitor, siapa evaluatornya, dan apakah akan objektif ?

Sumber Inspirasi: Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s