Wirausahawan VS Pegawai

Tidak terasa mengenyam pendidikan S1 diperguruan tinggi hampir selesai (amien..), dari Taman kanak”-SD-SMP-SMK, dan akhirnya universitas. Saat ini baru ngeh… terlihat jelas perbedaan gaya hidup orang yang berkecukupan, tidak lebih dari cukup (pas-pasan), dan yang lebih dari cukup (mapan). Dari sana saya dapat menilai bahwa gaya hidup seseorang jg dipengaruhi oleh keadaan ekonominya!. Dari keadaan ekonomi ternyata dipengaruhi jg oleh jenjang pendidikan yang berdampak pada pekerjaan yang dia dapat…!!

“Pegawai” versus Wirausaha” manakah yang lebih unggul? Jawabannya tergantung dari sudut mana kita menilai….
Berdasarkan informasi dari teman saya (anak seorang wirausahawan) “enaknya menjadi wirausahawan(misalkan pedagang) kita bisa membuka dan menutup toko semau kita, apa lagi jika kita memiliki pegawai yg sudah bisa dpercaya, kita tinggal hanya mengontrol saja, tetapi pusingnya kita barus memikirkan bagaimana nasib pegawai jika toko ini ditutup, selain itu hampir setiap hari kerja merasa lelah karena berangkat pagi (kepasar) dan pulang ke rumah tengah malam, begitulah seterusnya. Oleh karena itu saya menyarankan anda menjai pegawai saja“…ckckck🙂
Sedangkan menurut seorang pegawai (kebtulan seorang pegawai pemerintah), “Enaknya pada saat masa tua kita sudah dijamin dari penghasilan pensiun (kalo dapat pensiun) walaupun upahnya tidak besar dan tidak kecil, tapi besarnya nominalnya tidak sebesar sebelum pensiun. Oleh karena itu saya sarankan anda menjadi wirausaha saja“…ckckck🙂

Sebenarnya banyak peluang menjadi wirausaha asalkan kita memang niat menjadi seorang wirausahawan. Berikut adalah beberapa sikap seorang wirausahawan yang perlu ditanamkan (secara teori):

  • Disiplin -> adalah usaha untuk mengatur dan mengontrol sikap sesorang untuk mencapai tujuan, dengan adanya bentuk sikap yang harus dicapi, dilarang, atau diharuskan.(Menurut S.Nasution 1972:63)
  • Komitmen tinggi -> adalah orang yang mentaati atau memenuhi janjinya untuk memajukan usaha bisnisnya sampai berhasil sekaligus mempertahankan dan mencipatakan kepercayaan dari orang lain baik itu konsumen maupun mitra bisnisnya.
  • Jujur -> adalah ungkapan perilaku seseorang yang mengakui keberadaan sebenarnya atau apa adanya.
  • Kreatif dan Inovatif
  • Mandiri
  • Realistis -> berfikir sesuai dengan akal sehat

2 thoughts on “Wirausahawan VS Pegawai

    • 😀
      Guru itu jabatan yang mulia, tidak banyak orang bisa menjadi guru yang sebenar-benarnya GURU. Walaupun kita banyak mendengar Guru itu hidupnya pas-pasan, ya itulah jika kita dilihat dari sisi berupa materi!!, tapi cobalah jangan melihat dari satu sisi!

      http://www.hitamcoklat.com ide bagus tuh guru yang berwirausaha😀

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s