Macam-macam SI berdasarkan dukungan yang tersedia

  1. Transaction Processing System (TPS)
    Merupakan sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin. Data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di suatu perusahaan. Cara memproses datanya ada 3, yaitu:

    • Batch, Transaksi ditumpuk dulu kemudian diproses belakangan pada waktu tertentu
    • Online, Setiap transaksi segera diproses (dibukukan) dan tidak ada penundaan proses
    • Inline, Data dimasukan ke dalam komputer seketika ketika transaksi terjadi, tetapi untuk pemrosesan lebih lanjut dilakukan lain waktu.
  2. Management System Information (MSI)
    Merupakan sistem informasi yang sudah terkomputerisasi yang bekerja karena adanya interaksi antara manusia dengan komputer. Digunakan untuk menyajikan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. MSI mendukung tugas-tugas operasional yang lebih luas dari TPS, tetapi bukan berarti menggantikan TPS melainkan semua MSI mencangkup pengolahan transaksi.
  3. Decision Support System (DSS)
    Merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan manipulasi data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dimana tak seorang pun tahun secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. DSS hampir sama dengan MIS tradisional karena keduanya sama-sama tergantung pada basis data sebagai sumber data. Walaupun DSS menekankan pada pembuatan keputusan, tetapi keputusan aktual masih wewenang ekslusif pembuat keputusan.
  4. Executive Information System (EIS)
    Merupakan sistem informasi yang dirancang bukan untuk menyelesaikan masalah tertentu, tetapi untuk membantu eksekutif mencari informasi yang diperlukan ketika mereka membutuhkannya dalam bentuk apapun yang paing bermanfaat. Meskipun EIS tergantung pada informasi yang dihasilkan oleh TPS dan MIS, tetapi dapat membantu para eksekutif untuk membuat lingkungan/keadaan data tampak masuk akal.
  5. Epert System (ES)
    Merupakan sistem informasi yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya mereka yang ahli.
  6. Communication And Collaboration System (CCS)
    Merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mendukung sejumlah orang yang bekerja dalam suatu kelompok bahkan berbeda lokasi yang hendak melakukan sumbang saran, pemberian komentar, pemungutan suara dan evaluasi terhadap alternatif-alternatif melalui sarana komunikasi.
  7. Office Automation System (AOS)
    Merupakan sistem yang memberikan fasilitas tugas-tugas pemrosesan informasi sehari-hari di dalam perkantoran dan organisasi bisnis. OAS biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau untuk memanipulasinya dengan cara-cara tertentu sebelum membaginya atau menyebarkannya secara keseluruhan. Perangkat lunak OAS diantaranya Spreadsheet, word processor, pengolah grafik, aplikasi presentasi, dll

*beberapa sumber inspirasi
http://ukyku.files.wordpress.com/2008/02/sistem-pakar-5.pdf

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s