BELAJAR

Sederhananya belajar adalah proses untuk merubah sikap, pola pikir, tingkah laku menjadi baik dan lebih baik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar:

  1. Faktor Fisik: Nutrisi-otot->pancaindera

    Nutrisi: makanan dan minuman yang kita makan berpengaruh sekali untuk kelancaran dalam belajar, minimal setiap hari sarapan dulu lah….!! Kalo bisa makanannya yang mengandung 4 sehat 5 sempurna

    Otot->pancaindera: bersyukurlah karena Allah memberikan kita sesuatu yang tidak sia-sia.

    Maaf jika sebagian dari saudara kita yang memiliki kekurangan, bersabarlah dan terus semangat karena Allah memiliki maksud dan rencana lain kepada kita dengan apa yang Dia titipkan, yang paling penting kita semua harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya hanya untuk beribadah kepada Allah

  2. Faktor Emosional: Sikap, minat dan motivasi, suasana emosional, dan tingkat kecerdasan

Sikap: seseorang yang jenuh dalam suatu pelajaran, biasanya akan melakukan sikap yang menjadi kecenderungannya jika dia merasa bosan.

Minat dan motivasi: Minat yang kuat karena suka terhadap pelajaran tersebut dan termotivasi karena cita-cita, orang tua, pacar akan berpengaruh sekali terhadap belajar.

3.    Faktor pendekatan belajar:

– Artificial Approach: Sistem belajarnya asal-asalan, salah satu tanda yang mudah diketahui biasanya dia hanya menyontek dan tidak berfikir terlebih dahulu

– Achievement Approach: Memiliki antusias yang tinggi dan berhasrat besar untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuannya, tetapi sayang dia menghalalkan segala cara (baik/buruk) untuk mencapai tujuannya itu.

–  Deep Approach:Pendalaman, maksudnya sistem belajarnya ulet, rajin, dan tidak mudah menyerah. Jika dia tidak mengerti pada bahan pembelajaran tertentu, dia akan mendalami, dan berusaha untuk memahami sampai dia bisa dan paham.

Keterampilan /Strategi Belajar:

  1. Keterampilan mengelola waktu

  2. Keterampilan membaca buku (PQ3R); P=Priview (Lihat secara umum buku tersebut pada bab pendahuluan, Abstrak, daftar isi, dan kesimpulannya);Q=Questioning(Ajukan pertanyaan apa yang kita butuhkan dari buku itu); R=Read(Jika Q sudah terpenuhi, bacalah buku itu!!); R=Recite(Buktikan teori-teori yang dipaparkan buku tersebut dengan melakukan riset atau percobaan); Review=Tinjau, ulang (Apa yang sudah kita dapatkan dan pahami cobalah untuk sering membaca, sehingga dapat melatih daya ingat)
  3. Keterampilan mendengarkan dan membuat catatan
  4. Keterampilan menghadapi ujian=> Mempelajari atau mengulang kembali;  Analisis tujuan-tujuan sebelumnya (Coba tanyakan pada diri sendiri: Apakah tujuan dari materi tersebut sudah bisa kita capai?); Tentukan materi yang perlu mendapat perhatian lebih; Pelajari materi secara bertahap; Buat perkiraan pertanyaan yang mungkin muncul; Kerjakan yang mudah dulu
  5. KOMITMEN dan TANGGUNGJAWAB(setiap orang memiliki system dan gaya belajar yang berbeda-beda, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu “mencapai apa yang menjadi tujuannya”. Seseorang yang memiliki mimpi, cita-cita, visi, pasti memiliki rencana dan strateginya masing-masing, tanpa KOMITMEN dan TANGGUNGJAWAB semua itu akan berantakan dan akhirnya gagal. Sehebat apapun sebuah tim/organisasi/ataupun lembaga tanpa KOMITMEN terhadap apa yang menjadi KOMITMENnya dan tanpa rasa TANGGUNGJAWAB terhadap apa yang menjadi TANGGUNGJAWABnya itu semua sia-sia)

Tulisan ini terinspirasi dari seorang dosen pada saat memberikan materi tentang ”Cara Belajar di Perguruan TInggi”, hanya saja saya menambahkan poin 5 didasarkan pada pengalaman.

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s