Database

Aplikasi untuk pengelolaan data pasti memerlukan database, beberapa software database diantaranya; Microsof Access, MySQL, SQL Server, Postgres, Oracle,dll

Pengertian Database

Sederhananya data adalah nilai yang mendeskripsikan suatu objek atau kejadian. Sedangkan basis kurang lebih diartikan sebagai gudang, markas, tempat bersarang atau tempat berkumpul.

Jadi database itu adalah kumpulan item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainya, yang diorganisirkan berdasarkan struktur tertentu, disimpan pada hardware komputer dan dengan menggunakan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

Prinsip utama database adalah pengaturan data, sedangkan tujuan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan data kembali. Data yang disimpan dapat dikatakan sebagai database apabila dilakukan pengaturan, pengelompokan, pengorganisasian terhadap data tersebut sesuai dengan jenis (fungsinya).

Mengapa diperlukan Database ?

  • Salah satu komponen penting dalam system informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi
  • Menentukan kualitas informasi: akurat, tepat pada waktunya dan relavan
  • Hubungan data dapat ditingkatkan (relatability)
  • Efisiensi ruang penyimpanan (Space)

    Melakukan sejumlah penekanan jumlah redudansi data (duplikasi data) dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau membuat relasi relasi (dalam bentuk file/tabel) antar kelompok data yang saling berhubungan

  • Keakuratan (Accuracy)

    Untuk menekan ketidakakuratan pemasukan/penyimpanan data dilakukan pengkodean atau pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan aturan/batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data, yang secara ketat dapat diterapkan dalam sebuah basis data.

  • Ketersediaan (Availability)

    Karena kepentingan sebuah pemakaian data, sebuah basis data dapat memiliki data yang disebar di banyak lokasi geografis. Dengan pemanfaatan teknologi jaringan computer yang berada disuatu lokasi/cabang, dapat juga diakses (menjadi tersedia/available) bagi lokasi/cabang lain.

  • Kelengkapan (Completeness)

    Lengkap tidaknya suatu data yang kita kelola dalam sebuah basis data bersifat relative (baik terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu). Dalam sebuah basis data, disamping data kita juga harus menyimpan struktur (baik yang mendefinisikan objek-objek basis data maupun definisi detail dari tiap objek, seperti struktur file/tabel). Untuk mengakomodasi kebutuhan kelengkapan data yang semakin berkembang, tidak hanya dapat menambah record-record data, tetapi juga dapat melakukan perubahan struktur datam basis data, baik dalam penambahan objek baru (tabel) atau dengan penambahan filed-field pada tabel tersebut.

  • Keamanan (Security)

    Menentukan siapa-siapa (pemakai) yang boleh menggunakan basis data beserta objek-objek didalamnya dan menentukan jenis-jenis operasi apa saja yang boleh oleh pemakai tersebut.

  • Kebersamaan Pemakai (Sharbility)

    Pemakai basis data seringkali tidak terbatas pada satu pemakai saja, atau di satu lokasi saja atau oleh satu system/aplikasi saja. Basis data dapat digunakan oleh banyak pemakai, misalnya oleh sejumlah departemen dalam perusahaan atau oleh banyak sistem seperti sistem penggajian, sistem inventory, sistem penjualan barang, dan sebagainya. Untuk memenuhi tujuan harus dikelola oleh sistem (aplikasi) yang mendukung lingkungan multiuser

Jenjang Data<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]>SHAPE\* MERGEFORMAT <![endif]–>

Database

File/Tabel

Record

Field/Item Data

Characters

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]><![endif]–>

  • Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus yang membentuk suatu item data/field.
  • Field: mempresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya
  • Field Name: harus diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan yang lainnya
  • Field Representation: tipe field (karakter, teks, tanggal, angka, dsb), lebar field (ruang maksimum yang dapat diisi dengan karakter-karakter data)
  • Record: kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suat unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file/tabel. Misalnya tabel siswa, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap siswa.
  • File/tabel : terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file siswa berisi data tentang semua siswa yang ada.
  • Database : kumpulan dari file/tabel membentuk suatu database.

Leave and Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s