PKL……oh…….PKL

Yang aku maksud <> Pedagang Kaki Lima.

PKL itu bagiku saat ini = “Praktek Kerja Industri”. Kata guruku tujuan PKL itu sendiri salah satunya memberikan pengalaman dan gambaran kerja industri kepada siswa tersebut. Aku bersyukur banget udah ditakdirin masuk SMK (syukur alhamdulillah). Di SMK ini aku dapet pengalaman baru yang mungkin aku belum tentu dapetin di sekolah yang lain (Sorry bukannya aku sombong tapi aku ngunkapin apa adanya).

Dulu banyak orang yang bilang, kalo SMK tuh siswanya pada nakal yang kalo dibandingin sama sekolah lain tingkat kriminalitas tawurannya paling tinggi…

Inget!!!, ngga semua yang kamu denger itu bener!!

Baik buruknya seseorang ngga dilihat dari almamaternya, lihat dari dalam “hatinya”!!! dong!

Beberapa manfaat yang bakalan kita dapet kalo masuk SMK”

  • Kita punya skill yang kita pilih waktu masuk SMK
  • Kita lebih tau pengalaman kerja industri yang sebenarnya dari pada mereka yang bukan SMK (karena kita kan udah pernah PKL)
  • Setelah kita lulus, kita bisa buat lapangan kerja baru (berwirausaha)
  • Pada saat kita melanjutkan kuliah sesuai dengan jurusan yang kita pilih waktu SMK, kita bisa jadi “Raja”

Pezen:

  • Aku sering denger dari beberapa anak SMK: “SMK yang aku pilih tidak ada yang bisa dibanggakan, kurang ini, kurang itu…..semuanya kurang”. Aku katakan semua itu bohong abizzz!!. Kalaupun sekolah SMK yang kita pilih banyak kekurangannya, pasti adal sesuatu yang baru, yang kita dapet dari sekolah disana walaupun “cuma secuil”
  • PKL merupakan pengalaman yang paling wahh susah senangnya!!!, kita harus bangga karena belum tentu mereka bisa merasakan PKL. Melalui PKL, kita bisa merasakan manis pahitnya dalam pekerjaan, dari mulai tuntutan si Bos untuk menyelesaikan tugas dalam sehari, sampai hasil dari jerih payah kita selama mengerjakan tugas. (Sebuah citarasa yang belum tentu dirasakan anak-anak seumuran kita)
  • Yang paling penting buat semua anak SMK, selalu wujudkan apa-apa yang telah kita pelajari disana…. Mari kita tunjukan kelebihan kita, dan buktikan bahwa kita bisa menjadi yang terbaik.

Leave and Reply

